Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Turunkan Tekanan Darah dengan Bit

Bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi atau hipertensi, mulailah untuk 'berkawan' dengan Bit. Para peneliti dari Queen Mary University of London menemukan, mengonsumsi jus bit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah. Bukan hanya bit, sayuran seperti selada, kubis dan adas rupanya memiliki efek positif serupa bagi para penderita hipertensi. Rahasianya? Kandungan nitrat dalam sayuran tersebut – ketika dikonversikan dalam tubuh menjadi gas bernama nitric oxide – menimbulkan efek relaksasi pada pembuluh-pembuluh darah, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Buah bit ialah tanaman yang berasal dari family Amaranthaceae-Chenopodiaceae. Artinya, buah bit masih satu family dengan sayuran lobak dan sayuran berakar lainnya. Umumnya, buah ini hanya dipakai akarnya saja yang terasa manis guna obat kesehatan. Namun lama kelamaan, daging buah dan daunnya pun dikonsumsi.

Buah bit kesatu kali dikonsumsi oleh masyarakat di Afrika ribuan tahun yang lalu. Akar buahnya yang begitu populer lantas menyebar ke distrik Asia dan Eropa. Lalu, orang-orang itu membudidayakan dan mengonsumsinya di wilayah mereka.

Dari abad ke 16 sampai abad ke-19, buah bit dipakai untuk mendapatkan sejumlah manfaat. Misalnya, jus daging buahnya dipakai sebagai pewarna makanan. Sementara kandungan gula pada buahnya dipakai sebagai pemanis gabungan dalam makanan dan minuman. Terlebih, di dekat abad ke-19, buah ini mulai dipakai sebagai salah satu gabungan bahan guna mengekstraksi dan memurnikan gula yang tercipta dari tebu.

Apa saja kandungan guna dan gizi dari buah bit?
Buah bit atau buah bit merah adalahtanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan. Bentuknya serupa kentang serta guna buah bit pun ada pada akar dan tangkainya. Biasanya buah bit dikonsumsi dengan teknik dijus atau diubah lagi menjadi santapan dengan tekstur lembut.

Meskipun daunnya dapat dimasak guna dijadikan sayur, buah bit lebih dikenal umbinya yang berisi tidak sedikit manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah bit berisi tinggi karbohidrat tetapi kandungan lemak, kalori dan proteinnya paling rendah.

Jadi paling bagus dikonsumsi untuk yang sedang menjalani program diet. Kandungan betasianin (pigmen ungu) dan betasantin (pigmen kuning) yang ada pada buah bit berikut yang menciptakan warnanya menjadi merah gelap keunguan. Karena warnanya yang pekat ini, buah bit pun sering digunakan sebagai pewarna makanan alami.

Buah ini tidak jarang ditemukan di Amerika dan Inggris, tetapi andai Anda hendak membelinya dapat diperoleh di pasar swalayan. Yuk, simak segudang guna buah bit guna tubuh pada keterangan di bawah ini.

Gizi yang terdapat dalam buah bit
Di dalam buah bit bisa ditemukan sebanyak nutrisi inilah ini:

  1. Asam folat
  2. Kaliumen
  3. Serat
  4. Vitamin C
  5. Magnesium
  6. Zat besi
  7. Fosfor
  8. Triptofan
  9. Caumarin
  10. Betasianin


Manfaat buah bit guna kesehatan
1. Mengandung tidak sedikit antioksidan di dalamnya
Antioksidan ialah senyawa yang menolong menetralkan masuknya radikal bebas yang riskan di dalam tubuh. Antioksidan juga dapat mencegah terjadinya stres oksidatif dan merusak sel-sel baik di dalam tubuh Anda.

Selain tersebut sejumlah penelitian telah mengejar bahwa antioksidan dapat mengayomi tubuh terhadap tidak sedikit jenis penyakit kronis, laksana penyakit jantung, kanker dan diabetes.

Manfaat buah bit secara alami pun ada pada tingginya kandungan fitonutrien guna melawan penyakit, antioksidan, vitamin dan mineral. Bahkan, buah bit dirasakan menjadi di antara sumber buah yang berisi jenis fitonutrien, yakni, betalain. Betalain baik guna mencerahkan warna kulit. Ia pun mampu menolong melindungi sejumlah perkembangan jenis kanker dan penyakit lainnya di tubuh Anda.

2. Detoks alami guna tubuh (ginjal dan hati)
Tubuh sebetulnya dapat menerbitkan racun (detoks) sendiri, urusan ini terjadi secara alamiah untuk menangkal Anda keracunan. Pertama, terdapat organ detoks ginjal yang bermanfaat menyaring darah dan menghasilkan air seni.

Lalu terdapat paru-paru yang bermanfaat mengeluarkan karbon dioksida dari oksigen yang sudah dihirup. Ada kulit yang bermanfaat mendorong racun dan partikel riskan lainnya terbit melalui pori-pori. Selanjutnya terdapat hati pun yang memainkan peran urgen dalam detoksifikasi, yaitu dengan melemparkan racun dan zat riskan lainnya dari darah.

Untuk mendorong tubuh menerbitkan racun, buah bit dapat membantu sejumlah organ tersebut, khususnya ginjal dan hati, guna tetap bekerja secara maksimal. Hal ini ditemukan dari riset di Polandia.

Penelitian ini menguji seekor tikus yang diberi buah bit, tikus itu sebelumnya memang telah mengalami kehancuran pada sel-sel di tubuhnya. Setelah diserahkan buah bit secara rutin, riset yang dipublikasikan dalam jurnal Phytotherapy Research mengejar bahwa tikus itu menjadi lebih sehat.

Hasil ini ditemukan pada tubuh tikus yang mengindikasikan bahwa kadar enzimnya menjadi baik dan organ detoks di tubuhnya jadi maksimal bekerja melemparkan racun di tubuh sebab konsumsi buah bit. Jangan lupa pun konsumsi kombinasi jus bit, wortel dan ketimun, ialah salah satu teknik terbaik untuk mencuci ginjal dan hati dari racun yang tertimbun di kedua organ tersebut.

3. Dapat menangkal hipertensi
Telah terbukti secara nyata, minum jus dari umbi bit ini menurunkan desakan darah tinggi. Kandungan nitratnya yang pun ada pada sayur berdaun hijau, menurunkan desakan darah.

Hasil riset yang dilaksanakan oleh Barts and London School of Medicine dan pun Peninsula Medical School menyarankan teknik murah ini guna menurunkan hipertensi. Berdasarkan keterangan dari Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, minum jus bit serta sayuran beda yang kaya bakal kandungan nitrat akan merawat kesehatan jantung.

4. Meningkatkan stamina, makanan idaman semua atlet
Penelitian dari Universitas Exter di Inggris menyatakan, minum jus bit dapat membantu orang yang berolahraga, seringkali untuk atlet, menjadi 16 persen lebih powerful dan berstamina sebab kandungan nitratnya dapat meminimalisir pembakaran oksigen dalam olahraga, sampai-sampai rasa capek bisa berkurang.

Buah bit sudah terbukti memiliki guna dari di antara makanan atlet. Ini sebab kandungan nitratnya sudah terbukti menciptakan sel-sel lebih baik dalam menghasilkan energi dalam tubuh, sampai-sampai dapat menambah performa.

Di samping itu, suatu studi eksperimen pada tahun 2011 mengejar bahwa mengonsumsi jus bit secara teratur dapat menambah tenaga dan stamina seseorang menjadi 2,8 persen lebih tidak sedikit tenaganya.

Penelitian lainnya pun menunjukkan bahwa suplemen nitrat, dapat meminimalisir rasa lelah ketika berolahraga serta dapat memperkuat pelajaran dengan intensitas tinggi, sesuai untuk semua atlet.

5. Mencegah anemia
Buah yang berwarna kemerahan ini tidak jarang dihubungkan dengan warna darah, sehingga digunakan untuk menanggulangi masalah anemia. Sebenarnya yang menanggulangi anemia ialah kandungan zat besinya yang lumayan tinggi, yang menggiatkan kembali dan meregenerasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna untuk kesehatan sel-sel darah merah.

6. Mengurangi masalah pencernaan
Buah bit adalah buah kaya kandungan serat yang meluangkan 3,8 gram pada satu porsi cawan buah bit. Kandungan serat bermanfaat untuk menolong makanan bergerak melewati usus cerna. Serat juga dapat membantu melunakkan tinja, sehingga dapat membuat buang air besar atau BAB kita nyaman, sehat, dan teratur.

Sebuah riset menemukan, bahwa asupan serat dalam buah dapat membuat tingkat BAB orang yang punya situasi sembelit, atau sulit buang air besar, jadi lancar. Namun, tidak melulu itu, riset lain pun menunjukkan bahwa asupan serat dari guna buah bit pun bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dengan teknik lain pun dan bisa melindungi situasi seperti infeksi pada usus, wasir dan GERD atau asam lambung.

Bila Anda merasakan masalah pencernaan, rasa mual, nyeri, atau diare, dapat minum jus buah bit yang dibaur wortel dengan satu sendok santap jus lemon atau jeruk nipis. Minum jus bit yang dibaur dengan satu sendok santap madu di pagi hari sebelum sarapan akan menolong mengurangi kembung di perut.

7. Pas guna yang hendak menurunkan berat badan
Di samping berisi tidak sedikit gizi, bit berisi tidak sedikit kandungan serat tetapi rendah kalorinya. Ini adalahsumber makanan yang bagus, andai Anda sedang menjalani program diet atau hendak menurunkan berat badan. Bahkan, setiap cawan bit berisi sejumlah 59 kalori dan 3,8 gram serat, atau setara dengan h 15 persen serat yang kita butuhkan sepanjang hari.

Saat kita mengonsumsi serat, serat bakal bergerak lambat pada drainase pencernaan. Serat berikut yang menolong Anda untuk menyangga rasa lapar dan dapat tetap kenyang. Berdasarkan keterangan dari salah satu riset di Boston, asupan serat sejumlah 14 gram sehar dapat meminimalisir asupan kaloiri harian hingga 10 persen, lho. Tak jarang juga, hasilnya berat badan kita perlahan dapat menyusut hingga 4 pon sekitar 4 bulan andai rutin konsumsi buah bit dan santap makanan yang sehat.

8. Mengatasi masalah ketombe
Untuk menanggulangi masalah ketombe pada rambut estetis Anda, jajaki rebus bikin bit dengan diberi sedikit, kemudian dioleskan dan dipijat lembut ke kulit kepala. Biarkan semalaman dibalut dengan handuk. Keesokan harinya, bilaslah dan keramasla.

9. Pewarna makanan alami
Kandungan betaninnya yang menghasilkan warna merah cerah dapat digunakan untuk pewarna alami makanan, contohnya es krim, kue basah atau kue kering, dan jelly.

10. Pewarna rambut alami
Bila kita akan mengecat rambut dengan bubuk henna, jajaki pilih warna hitam dan kemudian dibaur dengan jus akar bit merah. Hasilnya, rambut Anda bakal hitam dengan gradasi burgundy dan alami. Lebih sehat dan tetap cantik alami.

Daun buah bit pun bermanfaat
Di samping akar dan daging buahnya, ternyata daun buah bit juga berfungsi dan dapat dikonsumsi, lho. Daun buah yang berwarna ungu kemerahan ini berisi nutrisi urgen seperti protein, fosfor, seng, serat, vitamin B6, magnesium, potasium, tembaga. Di samping itu, daunnya pun sejumlah besar vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi.

Daun buah bit sebetulnya mempunyai lebih tidak sedikit zat besi daripada kandungan zat besi di bayam (hijau berdaun lainnya dalam family botani yang sama). Lalu, nilai gizinya pun lebih tinggi dibanding gizi di dalam akar ataupun di dalam daging buahnya tersebut sendiri. Berikut merupakan sejumlah manfaat daunnya:

Bantu mencegah osteoporosis dengan menambah kekuatan tulang
Melawan penyakit Alzheimer
Memperkuat sistem kekebalan tubuh kita dengan memicu produksi antibodi dan sel darah putih
Bagaimana teknik memasak atau mengubah buah bit?

Ada tidak sedikit cara guna memasak atau mengubah bit. Salah satunya dapat dimakan secara mentah, dimasukkan ke dalam tumisan atau resep masakan, atau bahkan dipanggang.

Bila kita mengonsumsi bit metah-mentah, ia punya tekstur yang agak keras tetapi sedikit manis. Biasanya, orang menambahkan bit pada salad atau sebagai di antara bahan gabungan smoothies mereka. Dengan memakan buah bit mentah-mentah, Anda dapat mendapatkan nutrisi borongan dari bit secara alami.

Di samping dimakan mentah, kita juga dapat mencampurkan bit sebagai bahan-bahan beda pada racikan masakan Anda. Ketika kita memasak bit, tekstur dagingnya bakal menjadi lebih lembut dan tidak banyak lebih manis. Buah ini sering dipakai dengan keju atau memakai cuka balsamic.

Memanggang buah bit pun dapat menyerahkan sensasi manis yang lebih kuat. Karena kandungan gula pada buah bit yang dipanggang dapat menjadi cairan karamel pribumi langsung dari gula bit yang manis.

Di samping dipanggang, bit juga dapat direbus atau dikukus. Penting guna diperhatikan, bahwa memasak, memanggang, atau merebus buah bit terlampau lama bisa membuat sejumlah kandungan gizi di dalamnya jadi menghilang. Baiknya, tidak boleh masak sampai terlampau matang, masukkan bit pada ketika masakan nyaris siap matang

Ini bermanfaat untuk menangkal oksidasi dan memaksimalkan nilai gizi bit Anda. Di samping itu, pilihlah bit segar, atau bit yang sudah dijaidkan acar guna mendapatkan guna nutrisi maksimal.

Tetapi, simaklah juga sejumlah hal inilah sebelum mengonsumsi buah bit
Meskipun ada tidak sedikit manfaat bit, ada sejumlah hal yang perlu diacuhkan saat mengonsumsi bit. Meskipun jarang, sejumlah orang barangkali alergi terhadap buah bit. Jika kita mengalami fenomena alergi makanan laksana gatal-gatal, gatal atau bengkak, hentikan pemakaian bit segera dan bicaralah dengan dokter Anda.

Di samping itu, ingat bahwa bit ialah salah satu sayuran yang berisi gula lumayan tinggi. Mengonsumsi satu cawan porsi bit dapat menyerahkan efek negatif pada eskalasi kadar gula darah. Maka itu, tak jarang sebab kandungan gulanya yang tinggi, bit seringkali digunakan dalam buatan gula rafinasi, yang dinamakan “gula bit” atau “uap jus bit”.

Gula jenis ini merasakan proses kimia yang lumayan tinggi dan bahkan dapat merusak atau menghilangkan kandungan nutrisi dari bit tersebut sendiri. Jadi urgen untuk menyimak bit yang diubah dan dikonsumsi. Gula bit yang tercipta dari ekstrak bit pun sama berbahayanya dengan jenis gula halus lainnya, laksana gula tebu putih atau sirup jagung fruktosa tinggi.

Lalu bagaimana dengan bit yang diproduksi dalam kaleng? Bit kalengan bisa menjadi pilihan yang baik andai bit segar tidak tersedia, tetapi urgen untuk dikenang bahwa bit tersebut melulu berisi tidak banyak mikronutrien tertentu, tergolong folat dan kalium. Mereka mungkin pun lebih tinggi kandungan natriumnya. Tipsnya, bersihkan daging bit kalengan dengan air sebelum mengonsumsinya. Ini bertujuan guna menghilangkan kandungan garam berlebih pada buah bit kaleng.

Posting Komentar

0 Komentar