Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

Manfaat makan coklat bagi kesehatan jantung

manfaat coklat bagi jantung
Satu studi yang dipublikasikan di Molecular Nutrition & Food Research menemukan, para pria yang mengonsumsi dark chocolate menunjukkan fungsi trombosit yang lebih baik ketimbang pria lain yang tidak mengonsumsinya sedikit pun. Kandungan senyawa flavanol dalam cokelat diyakini mampu menjaga trombosit dalam darah untuk tetap bersatu, sehingga memberikan tubkinuh perlindungan maksimal terhadap penyakit jantung dan stroke. Efeknya berlangsung hingga 6 jam, tulis para peneliti. Mereka yakin, mengonsumsi dark chocolate dalam takaran yang tepat setiap hari bermanfaat baik bagi kesehatan jantung untuk jangka panjang.

Apakah Anda pecinta cokelat? Makanan yang katanya bisa buat mood bahagia ini ternyata punya guna tersembunyi untuk kesehatan jantung Anda. Manfaat ini lebih baik lagi untuk Anda yang memang mempunyai riwayat atau berisiko terpapar penyakit jantung. Apa yang menciptakan cokelat baik guna jantung? Lantas, berapa tidak sedikit Anda boleh santap cokelat bila punya penyakit jantung?

Makan cokelat baik guna penderita penyakit jantung
Ada begitu tidak sedikit penelitian yang mengaku bahwa cokelat baik guna jantung. Salah satunya riset yang berasal dari Norfolk, Inggris.

Dalam riset yang diterbitkan dalam jurnal Heart ini diketahui bahwa santap cokelat dapat menurunkan risiko penyakit jantung sampai 11 persen dan menangkal kematian dini pada penderita penyakit jantung sampai 25 persen. Bahkan studi tersebut pun melaporkan bahwa santap cokelat dapat menurunkan risiko stroke sebesar 23 persen.

Meskipun belum diketahui secara tentu apa yang menciptakan cokelat berfungsi untuk kesehatan jantung, para berpengalaman menyimpulkan bahwa kandungan flavonoid yang terdapat di cokelatlah yang menjadi alasannya. Flavonoid yang adalahbagian dari antioksidan memiliki keterampilan untuk menurunkan desakan darah, berperan sebagai antiradang, menangkal penggumpalan darah, serta memperlancar aliran darah.

Berapa tidak sedikit cokelat dalam sehari yang diizinkan untuk saya?
Jika menurut riset yang sebelumnya disebutkan, orang yang mempunyai risiko rendah terhadap penyakit jantung boleh santap cokelat sejumlah 100 gram per hari. Namun, pasti saja urusan ini tidak dapat dijadikan patokan. Sebab, diperlukan penelitian lebih lanjut guna menilai batas cokelat yang baik guna dikonsumsi dalam satu hari.

Terlepas dari batas aman santap cokelat yang belum pasti, The European Food Safety Authority sudah menilai batas konsumsi flavonoid melulu boleh dikonsumsi dalam satu hari — maksimal 200 mg flavonoid dari biji kakao per hari.

Sebagai perbandingan, kandungan kakao dalam satu batang cokelat hitam (dark chocolate) dapat mencapai 70-90%, tergantung dari mereknya. Ini termasuk sudah lumayan banyak, oleh karena tersebut kandungan flavonoidnya pasti pun banyak. Terlebih, lumayan sulit untuk memeriksa berapa kandungan kakao dalam satu batang cokelat susu yang seringkali dijual di supermarket sebab sering informasi ini tidak dicantumkan.

Hati-hati pun dengan kandungan gula di dalam cokelat
Jenis apapun cokelat yang Anda santap sebenarnya sama baiknya guna kesehatan jantung. Bahkan susu cokelat sekalipun. Namun memang, Anda butuh memerhatikan benar kandungan gula dan lemak di dalam cokelat kesayangan Anda. Pasalnya, banyak sekali cokelat batangan yang dipasarkan di pasaran berisi tinggi gula dan lemak dari sekian banyak  macam susu dan bahan ekstra lainnya.

Untuk mengakalinya, Anda dapat makan cokelat hitam yang ingin rendah lemak bosan dan gula. Di samping itu, pilih pun cokelat yang punya kadar kakao paling tidak 70% atau bahkan lebih. Lebih tidak sedikit penelitian yang sepakat dan mengaku bahwa guna cokelat hitam untuk kesehatan jantung lebih banyak dibanding jenis cokelat lainnya. Meski begitu tidak boleh juga keseringan santap cokelat. Segala sesuatu yang berlebihan, pasti tidak baik guna tubuh.

BENARKAH COKLAT BAGUS Buat KESEHATAN JANTUNG?

Sebagian mitos berkata kalau coklat mempunyai banyak khasiat untuk badan. Salah satu mitos yang sangat kerap terdengar merupakan coklat bisa tingkatkan kesehatan jantung. Coklat gelap ataupun dark chocolate

memiliki banyak nutrisi yang bisa menguntungkan untuk kesehatan. Coklat dibuat dari biji kakao yang ialah salah satu sumber antioksidan terbaik. Riset menampilkan kalau coklat gelap bisa tingkatkan kesehatan serta merendahkan efek penyakit jantung.

Apakah nutrisi yang tercantum pada coklat gelap?

Coklat yang bermutu merupakan yang mempunyai isi coklat besar. Sepotong coklat gelap 100gram dengan kandungan kakao 70- 85% memiliki:

11 gr serat, Zat besi, Magnesium, Tembaga, Mangan. Nutrisi lain yang tercantum merupakan kalium, fosfor, seng, kalsium, vit K, serta selenium. Coklat pula memiliki 600 kalori serta gula dalam jumlah yang lagi. Asam lemak yang tercantum pada kakao sangat baik untuk badan. Kafein serta theobromine pula ada dalam coklat. Tetapi, isi kafein sangat kecil pada coklat sehingga tidak membagikan dampak susah tidur.

Antioksidan Terbaik

Salah satu khasiat terbaik dari coklat merupakan kemampuannya buat mencegah radikal leluasa. Antioksidan merupakan senyawa yang sanggup menetralisir radikal leluasa serta melindungi badan dari kerusakannya. 2 senyawa antioksidan yang terkadung pada coklat gelap merupakan polifenol serta flavonoid.

Coklat Bisa Menghindari Kanker

Watak antioksidan baik pada coklat ialah dasar riset coklat sanggup jadi pencegah kanker. Tetapi masih butuh banyak riset buat menegaskan perihal tersebut.

Tingkatkan Kesehatan Jantung

Flavanol ialah salah satu tipe flavonoid yang tercantum dalam coklat gelap serta bagi riset bisa membagikan dampak positif pada kesehatan jantung. Flavanol dikenal bisa menolong merendahkan tekanan darah serta tingkatkan aliran darah ke jantung dan otak. Flavanol pada coklat gelap pula bisa kurangi efek penggumpalan darah serta stroke.

Membetulkan Profil Kolesterol Total

Isi polifenol pada coklat bisa mengatur kolesterol. Komsumsi coklat gelap sepanjang 3 minggu bisa tingkatkan HDL ataupun kolesterol baik. Komsumsi coklat gelap dengan isi kaya polifenol sepanjang 15 hari bisa menolong merendahkan kolesterol total sebesar 6, 5% serta LDL ataupun kolesterol jahat sebesar 7, 5%. Komsumsi coklat gelap yang biasa bisa merendahkan 6% kandungan LDL serta tingkatkan HDL sebesar 9%.

Coklat Gelap Tingkatkan Guna Kognitif

Coklat gelap bisa menolong buat tingkatkan fokus serta memori. Isi flavonoid pada coklatlah yang bisa tingkatkan keahlian koginitif spesialnya pada orang lanjut umur. Kokoa pula memiliki theobromin serta kafein yang mempunyai watak bagaikan stimulant sehingga bisa tingkatkan guna otak

Coklat Gelap bisa Tingkatkan Aliran Darah serta Merendahkan Tekanan Darah

Flavanol pada coklat gelap bisa merendahkan aliran darah serta kurangi tekanan darah. Pada sesuatu riset melaporkan kalau coklat serta coklat gelap bisa merendahkan aliran darah serta merendahkan tekanan darah tetapi dalam sesi yang ringan.

Apakah Kamu penyuka cokelat? Santapan yang katanya dapat buat mood senang ini nyatanya memiliki khasiat tersembunyi untuk kesehatan jantung Kamu. Khasiat ini lebih baik lagi untuk Kamu yang memanglah mempunyai riwayat ataupun berisiko terserang penyakit jantung. Apa yang membuat cokelat baik buat jantung? Lalu, berapa banyak Kamu boleh makan cokelat jika memiliki penyakit jantung?

Makan cokelat baik buat pengidap penyakit jantung

Terdapat begitu banyak riset yang melaporkan kalau cokelat baik buat jantung. Salah satunya riset yang berasal dari Norfolk, Inggris. Dalam riset yang diterbitkan dalam harian Heart ini dikenal kalau makan cokelat dapat merendahkan resiko penyakit jantung sampai 11 persen serta menghindari kematian dini pada pengidap penyakit jantung sampai 25 persen. Apalagi riset tersebut pula memberi tahu kalau makan cokelat dapat merendahkan resiko stroke sebesar 23 persen.

Posting Komentar

5 Komentar

  1. yang ane tau, Cokelat itu bikin mood jadi lebih baik.
    biasanya ane kalo lagi badmood, makannya cokelat.
    banyaaakkk cokelat.

    via : AyoMoveON.com

    BalasHapus
  2. beli beng beng di swalayan , hehee

    BalasHapus
  3. Bermanfaat sekali infonya.
    Jika Admin berkenan, saya ingin berbagi info tentang Dus Makanan. Barangkali ada dari pembaca blog ini butuh ataupun sedang cari bisa klik di sini

    BalasHapus