Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Responsive Advertisement

5 Sport Alternatif yang sebaiknya Anda coba

Walaupun tidak umum dilakukan, olahraga-olahraga berikut ini bisa mendongkrak kualitas fisik dan mental Anda secara optimal.

Chessboxing
Apa ini? Olahraga yang memadukan unsur tinju dan catur. Satu pertandingan penuh terdiri dari sebelas ronde: Enam ronde catur (masing-masing empat menit), dan lima ronde tinju (masing-masing tiga – empat menit). Pertandingan didahului dengan bertanding catur, lalu kemudian diselingi dengan tinju secara bergantian. Kemenangan ditentukan dari KO, skakmat, atau keputusan juri.
Kenapa perlu? Chessboxing mampu merangsang pengeluaran endorfin secara intens, yang dapat mempengaruhi suasana hati, ujar Tim Woolgar, juara British Heavyweight Chessboxing. “Olahraga ini mampu memberikan efek yang positif karena Anda mendapatkan 'serbuan' adrenalin, dan pada saat yang sama meningkatkan kebugaran Anda secara fisik dan mental dalam jangka panjang.”

Gendong Istri

Apa ini? Berasal dari Finlandia, olahraga ini melibatkan istri Anda tentunya. Peraturan resminya menyatakan “Wanita yang Anda angkat bisa istri Anda, atau istri tetangga.” Kompetisi ini mewajibkan para pria untuk menggendong istri mereka sejauh 250 meter.
Kenapa perlu? Olahraga ini merupakan cara yang lebih menyenangkan untuk melatih bagian bawah tubuh Anda daripada melakukan hamstring curls. “Kaki, betis, paha dan punggung merupakan bagian yang sangat penting, makanya saya sering melakukan latihan squad di gym,” ujar Taisto Miettine, juara dunia tiga kali.

Sepak Takraw

Apa ini? Olahraga yang cukup populer di Asia ini menyerupai voli. Bedanya? Anda sama sekali tidak boleh menggunakan tangan. Sayangnya, olahraga ini didominasi kaum pria, jadi jangan harap Anda akan melihat bikini.
Kenapa perlu? Olahraga ini mampu mendongkrak fleksibilitas serta kemampuan Anda untuk merasakan posisi, lokasi dan orientasi gerakan tubuh dan bagian-bagiannya (propriception). Paling tidak, kemampuan Anda melakukan jggling bisa membuat orang lain terpukau.

Menebang Pohon

Apa ini? Kegiatan ini sudah ada kejuaraan dunianya – acara yang mengombinasikan kecepatan memanjat cedar, memotong batang pohon, dan berlari. Tiap tahunnya, ratusan orang saling bersaing untuk dinobatkan menjadi juara – Tony Wise All Around Champion – dalam acara asal Amerika ini.
Kenapa perlu? “Secara teknik, olahraga menebang pohon adalah salah satu yang paling menantang di dunia,” ujar Shana Martin, juara dunia lima kali Lumberjack World Champion. “Para penebang kayu memiliki ketahanan kardivaskular yang luar biasa dan kekuatan inti tubuh yang sesolid batu. Sementara itu, para pendaki cepat, walaupun lebih kecil dan lebih gesit, menggunakan hampir seluruh otot tubuh ketika mereka mendaki tianag setinggi hampir 30 meter.”

Panco
Apa ini? Versi resmi dan terlatih dari sesi panco yang dulu sering Anda lakukan di waktu istirahat sekolah.
Kenapa perlu? “Kesuksesan dalam adu panco sebenarnya ditentukan dari kemampuan Anda untuk menggunakan seluruh tubuh sebagai pengungkit,” ujar Neil Pickup, juara adu panco di Inggris, Eropa dan kejuaraan dunia. “Seorang atlet panco harus memiliki tenaga yang cukup di tangan, pergelangan tangan, dan lengan mereka, tapi itu hanyalah agar mereka cukup mampu menyalurkan tenaga sebenarnya yang berasal dari otot lat, trap, trisep, dan brachialis.” “Olahragawan pada level tertinggi melakukan pull-ups, arm-over-arm rope climbing, heavy thick-handle lat drags, dumbbell curls dan tricep push-downs.” Ikuti saran latihan dari Pickup jika Anda ingin menjadi jagoan adu panco.


Posting Komentar

0 Komentar